Tuesday, November 26, 2013

Empat (4) Rahasia Menjual Kwalitas tanpa Menjual Harga

Apakah pernah mengamati pelanggan yang merasa khawatir tentang harga dan tidak pernah melihat kwalitas barang yang sedang ditawarkan? Atau karena pelanggan selalu fokus pada harga sehingga sering meminta diskon? Jawabannya sudah tentu pernah dan bahkan sering, walaupun anda sudah jelaskan detail barang tapi pelanggan tersebut tetap tidak bisa menerimanya.
Namun perlu diingat, ada empat rahasia yang dapat membantu Anda untuk menjual kwalitas sehingga harga tidak akan pernah lagi menjadi masalah bagi pelanggan. Keempat rahasia ini sangat mudah dan bisa diterima dengan akal sehat, Kita bahas satu persatu yuk….

Rahasia # 1 : Lupakan tentang
MENJUAL dan Cobalah upayakan agar pelanggan dapat MEMBELI produk Anda .
Perangkap yang sering terjadi dan sangat umum bagi pengusaha toko dan karyawannya yaitu selalu memulai percakapan dengan menjual produk kepada pelanggan. Disini anda harus melakukan sebaliknya yaitu dengan melupakan tentang hal Menjual dan fokuskan pada pelanggan bagaimana agar bisa membeli produk Anda. Awali percakapan dengan pertanyaan yang tepat sehingga Anda dapat memahami menganalisa dan membantu mereka agar permasalahannya teratasi. Fase ini disebut “Discover Phase” atau tahap penggalian. Pada tahap ini anda harus menyediakan waktu yang cukup besar dalam proses penjualan. Sebagai contoh: Pelanggan A akan membeli pipa PVC, nah.. retailer harus menggali pelanggan tentang jenis pipa pvc apa yang digunakan, tanyakan apakah penempatan pipa akan ditanam atau di cor, lokasi penempatan untuk dimana, pahamilah hal-hal tersebut lalu berikan analisa, karena pipa tersebut akan ditanam maka harus dipilih pipa berkwalitas sangat baik agar lebih tahan dan tidak mudah pecah, peran anda yaitu memberikan pilihan pipa mana yang berkwalitas dan cocok untuk itu dan biarkan Pelanggan yang memutuskan.

Rahasia # 2 : Biarkan Pelanggan sendiri yang memberitahu kwalitas atau nilai dari suatu barang (bukan Anda yang memberitahu mereka) .
Jika Anda menjelaskan kwalitas barang yang anda tawarkan, kemungkinan pelanggan merasa tidak cocok dan tidak relevan dengan yang diharapkan atau dengan kwalitas barang yang diinginkan. Namun jika Anda mengajukan pertanyaan yang tepat
dan meminta pelanggan memberitahu kwalitas barang seperti apa yang diinginkannya, yang relevan sesuai dengan kebutuhannya. Disini anda akan melihat perbedaan besar dimana pelanggan memberitahukan terlebih dahulu kwalitas barang yang diinginkan daripada anda sendiri yang harus menjelaskan kwalitas barang yang anda tawarkan. Anda akan melihat outcome yang berbeda dimana pelanggan tidak lagi peduli tentang masalah harga tapi mereka akan beli barang tersebut sesuai dengan kwalitas yang dia inginkan, berapapun harganya.

Rahasia Nomor # 3 : Obrolan yang bernilai/berharga
Setiap obrolan dengan pelanggan harus memiliki nilai yang berarti bagi mereka, tentunya selain ditopang dengan keramahan dan ucapan terima kasih atas kedatangan mereka ke toko anda. Anda harus cerdas dan trampil dalam memberikan pertanyaan dan penjelasan sehingga pelanggan bisa mendapatkan kejelasan tentang barang yang akan dibelinya. Keterampilan anda dalam memberikan penjelasan akan memberikan solusi kepada pelanggan dan bahkan mereka akan tertarik untuk datang lagi karena mereka yakin bahwa informasi dan penjelasan anda adalah benar dan sangat bermanfaat.

Rahasia # 4 : Tambahkan Penilaian Anda Pada Penilaian Pelanggan.
Setelah
pelanggan memberitahu kwalitas barang yang mereka inginkan, biasanya mereka akan mendengarkan pendapat anda tentang kwalitas tambahan dari barang tersebut. Anda harus memiliki pengetahun yang luas tentang barang-barang dagangan sehingga bisa memberikan detail yang cukup bagi pelanggan sebagai penilaian tambahan dari anda. Pelanggan yang sudah mengetahui dan menggunakan bertahun-tahun barang tersebut pasti sudah mengetahui kwalitas barang tersebut sehingga pada saat memberikan penilaian tambahan jangan salah menjelaskan karena bisa jadi pelanggan tidak mempercayai anda. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menambahkan penilain anda pada suatu barang yaitu pengusaan merek suatau barang, bahan yang digunakan, metode penggunaan, garansi kalau ada, perawatan dsb, namun penjelasan tersebut tidak boleh dilebih-lebihkan agar pelanggan terpikat, karena kalau penjelasan anda meleset maka pelanggan tersebut tidak akan pernah mempercayai dan tidak akan pernah datang lagi ke toko anda. Apabila anda mampu memberikan penilaian tambahan, maka pada tahap ini pelanggan akan semakin mudah untuk membeli produk-produk dagangan Anda .




Selamat mencoba!!!!

1 comment:

Nayono Jaya Group said...

terima kasih atas komentar sebelumnya
tulisan anda juga bagus
dan saya tunggu juga kunjungannya untuk saling melangkapi nayono.blogspot.com
http://nayono.blogspot.com/