Wednesday, November 6, 2013

Dua Puluh (20) Ide Pemasaran untuk Menumbuhkan Bisnis Anda

Ide pemasaran apakah yang bisa berjalan untuk usaha kecil anda? Strategi apakah yang dapat Anda gunakan untuk menggaet para pelanggan agar datang kepada Anda dan membawa Anda kedalam bisnis mereka? Berikut ini adalah 20 ide yang dapat membantu Anda untuk mencapai target pasar tanpa perlu menghabiskan banyak uang.

Pemasaran adalah kunci sukses dihampir setiap jenis bisnis. Bukanlah hal yang tidak biasa, pada kenyataan saat ini, Ada produk yang biasa-biasa saja dengan pemasaran hebat dapat mengungguli produk yang hebat tetapi memiliki pemasaran yang biasa-biasa saja. Bisnis besar
memiliki uang yang banyak untuk didedikasikan bagi kelancaran bisnisnya dan staf yang dipekerjakan dapat memberikan ide-ide pemasaran blockbuster/komersial yang besar dan sukses” untuk produk2 mereka. Usaha kecil dan menengah tidaklah akan mampu dengan kemewahan seperti itu. Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hasil pemasaran Anda?

Jawabannya
sangat sederhana: teruslah mencoba dengan metode pemasaran yang belum pernah anda coba sebelumnya. Ide berlimpah jika Anda mencarinya. Perhatikan apa yang perusahaan besar dan usaha kecil lakukan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk mereka, dan kemudian sesuaikan teknik pemasaran mereka agar dapat memenuhi target klien dan budget anda.

Berikut adalah 20 ide-ide pemasaran
yang perlu diperhitunkan:

1. Be different/Jadilah yang berbeda. Temukanlah isyarat anda dari iklan dan merek besar yang ternama dan temukanlah suatu hal yang bisa membedakan Anda dari competitor anda - kemudian promosikanlah perbedaan itu. Perbedaannya bisa dalam slogan Anda, atau perbedaan utama dalam produk Anda, atau bahkan dalam perbedaan persepsi. Misalnya, Apakah produk tas yang dijual anda lebih ringan daripada yang lain? Apakah layanan rumput ramah lingkungan Anda bisa membuat rumput jauh lebih hijau dan "alami"? Apakah anda memberikan pelayanan Cuma-Cuma kepada pelanggan seperti memotong besi dan kaca tanpa biaya tambahan bagi toko bangunan dan Delivery Order yang cepat atau tidak menunda-nunda pengiriman bagi toko fast food.

2. Membentuk aliansi strategis dengan bisnis lain. Carilah bisnis yang bisa mencapai target pasar dan pertimbangkan cara-caranya agar Anda bisa bekerja sama. Apakah Anda secra aktif mempromosikan layanan masing-masing, atau dalam bentuk tim untuk bekerja secara bersama sama bagi kepentingan klien atau pelanggan, aliansi yang strategis dapat memperluas jangkauan Anda dan memperkokoh landasan struktur di bawah anda.

3. Fokuskan pangsa pasar Anda dan ciptakan produk atau kembangkan spesialisasi yang menarik secara khusus untuk kebutuhan setiap segmen.

4. Memperluas pasar baru. Menjual produk roti Anda ke restoran lokal dan katering maupun secara langsung kepada konsumen, jika Anda menjual jasa kantor untuk usaha kecil, lihat kesempatan untuk mendapat bisnis yang lebih besar, ditingkat kabupaten, Provinsi atau dilembaga-lembaga pemerintah daerah di kecamatan.

5.
Bicaralah dengan pelanggan Anda - mintalah mereka memberikan feedback/umpan balik. Tanyakan apa yang dapat Anda lakukan agar bisa lebih melayani kebutuhan mereka. Jika Anda melihat tren seperti apa yang diminta, maka harus secepatnya beraksi terhadap tren itu.

6. Menempatkan bisnis Anda di website jika Anda belum melakukannya.

7. Upayakan agar tercantum dalam website pencarian Google.

8. Libatkanlah diri anda dalam media sosial. Tanyakan kepada pelanggan, jejaring sosial apakah yang biasanya mereka ikut serta didalamnya, dan kemudian luangkanlah waktu beberapa menit sehari untuk berpartisipasi dalam jejaring social yang pelanggan gunakan.

9. Mengisi profil media sosial dengan sedetail mungkin, pastikan untuk menyertakan link situs website dan produk anda.

10. Menggunakan surat langsung untuk menjangkau pelanggan Anda. Ya , ini merupakan teknik terdahulu dalam selalu ada saat ini, tapi masih dilakukan banyak orang.

11. Mengirim sms atau kartu pos kepada pelanggan untuk mengingatkan mereka agar datang kembali untuk mengecek produk terbaru, atau untuk membuat perjanjian dimuka agar bisa dijadwalkan di awal bulan depan.

12. Masukkan kata kunci lokal (nama kota atau kabupaten misalnya) pada halaman website Anda dan dalam tag/label judul untuk membantu pencarian website anda.

13. Tambahkan tombol SHARE ke website Anda dan mendorong/menganjurkan pengunjung untuk menggunakannya.

14. Gunakan email untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda. Hubungi mereka secara teratur dengan penawaran khusus, kiat-kiat tentang cara menggunakan produk Anda, informasi industri, atau daftar isi lainnya yang akan membantu mereka kembali ke situs website Anda dan / atau membelinya barang secara langsung dari Anda.

15. Sertakan nomor telepon di website anda agar membuat pelanggan lebih mudah untuk meminta informasi lebih lanjut atau untuk melakukan pembelian .

16. Buatlah nomor telepon di website Anda dengan membuat satu link yang bisa di klik - untuk-menelepon, ini juga dapat memudahkan bagi pelanggan yang menggunakan ponsel pintar untuk menelepon Anda.

17. Iklankan produk anda di koran lokal harian atau mingguan jika bisnis Anda adalah bisnis lokal. Carilah penawaran mendapatkan iklan Anda di kedua edisi cetak dan edisi publikasi online.

18. Memberikan sesuatu yang berguna kepada pelanngan yang melakukan pembelian lebih dari jumlah tertentu. Anda bisa memberikan barang murah yang berguna misalnya diatas pembelian Rp 2 juta mendapatkan payung atau piring atau muk dll,


19.
Jadilah orang yang selalu proaktif dan persintent/terus-menerus. Dulu sewaktu Anda kecil, tidak pernah belajar naik sepeda dengan memikirkan bagaimana bisa naik sepeda. Waktu itu Anda pergi keluar dan langsung mencobanya, dan mencoba terus sampai Anda belajar bagaimana cara menyeimbangkan diri sendiri dan kemudian secara bertahap untuk melaju cepat. Nah dalam marketing/Pemasaran juga tidak jauh berbeda. Anda harus terus melakukannya sampai Anda menemukan ide apa yang cocok dan bisa bekerja untuk Anda. Kemudian, jika Anda ingin melanjutkan dengan lebih cepat lagi, Anda harus tetap pada jalur marketing/pemasaran.

20. Mulai hari ini. Buatlah daftar ide-ide pemasaran bagi anda. Sertakan beberapa ide di atas, atau ide-ide yang muncul dari Anda sendiri. Termasuk ide-ide pemasaran yang telah Anda gunakan sebelumnya dan yang yang belum pernah digunakan orang lain. Termasuk strategi pemasaran yang pernah anda lihat dari perusahaan lain yang menggunakannya. Kemudian mulai praktekan satu per satu. Targetkan untuk mencoba satu ide pemasaran yang baru perminggu. Tetap pertahankan ide-ide pemasaran yang sedang anda gunakan dan berhasil, singkirkan ide-ide pemasaran yang tidak berhasil, lalu amatilah pertumbuhan bisnis anda.

 

No comments: