Memulai bisnis dengan modal kecil tentu bukanlah suatu hal yang mudah apalagi ketika harus berbenturan dengan pebisnis yang bermodal besar dan sudah lama berpengalaman, terutama dalam masalah pemasaran. Untuk masalah yang satu ini, anda selalu harus mengencangkan ikat pinggang, anda tidak ingin modal yang tersedia tergerus oleh biaya pemasaran. Maju kena mundur pun kena, kalau tidak dilakukan pemasaran atau promo dan lain-lain, usaha anda akan berjalan ditempat atau maju terhuyung-huyung dan selalu hampir jatuh tersikut pebisnis yang bermodal besar. Jangan pesimis dulu, masih banyak cara untuk mempromosikan bisnis anda denga biaya yang murah meriah, tetapi berdasarkan pengalaman dampaknya WOW… sangat dahsyat dan mampu mendongkrak omzet penjualan dan service anda.
Bagaimana sih cara yang terbaik untuk mempromosikan bisnis Anda? Bagaimana dapat mengiklankan usaha anda supaya menjadi terkenal disaat modal sangat minim atau disaat usaha baru dimulai? Bagaimana Anda bisa mempromosikan bisnis anda dengan cara yang paling terjangkau?
Promosi merupakan suatu tantangan yang berkesinambungan bagi usaha kecil dan menengah. Baik usaha baru atau yang sudah lama bertahun-tahun, strategi pemasaran ini telah terbukti dan bisa membantu bisnis Anda untuk mendapatkan pelanggan baru tanpa menghabiskan banyak uang.
- Kenali siapakah Prospek Anda? Anda harus merencanakan target pemasaran, siapa sebenarnya prospek terbaik Andayang sesuai dengan bisnis anda sekarang ini, kemudiantentukan cara yang paling baik dan mudah diterima oleh mereka. Tentukan secara spesifik. Misalnya prospek anda adalah pimpinan perusahaan, direktur sumber daya manusia, karyawan biasa, masyarakat pada umumnya atau lebih spesifik lagi yaitu ibu-ibu yang bekerja dan berusia dibawah 40 tahun atau bapak-bapak yang berumur di atas 40 tahun, dsb. Apakah Anda bisa menemukan mereka di jejaring social? Atau dipertemuan bisnis lokal? Apakah mereka senang mencari produk melalui search engine atau senang langsung pergi ke tempat-tempat bisnis. Apakah Anda ingin mulai mempromosikan bisnis Anda kepada mereka di awal siklus pembelian, atau ketika mereka sudah siap untuk mengeluarkan kartu kredit dan melakukan pembelian. Tuliskan jawaban-jawaban Anda pada secarik kertas, rujuklah kepada mereka sebelum Anda memulai setiap taktik pemasaran baru.
- Jika Anda tidak memiliki situs internet, ayo buatlah sekarang. Jika Anda belum mampu membayar website sendiri,anda bisa membuat website gratis dimana template dan fitur-fitur untuk pembuatan website dasar sudah disediakan. Bahkan kalau anda senang membuat blog, jadikan blog tersebut sebagai tempat promosi usaha anda.
- Daftarkanlah usaha anda di search engine directory ataudirektori mesin pencari, dan tidak perlu membayar alias gratis. Anda apat klik http://www.google.com/+/
learnmore/local/,https://www.bingplaces.com/ , dan http://smallbusiness.yahoo. com/local-listings/ . Namun ingat! sertakan link website dan deskripsi usaha anda. - Buatlah profil usaha anda di jejaring sosial. Pastikan profil bisnis Anda mencakup penjelasan, kata kunci dan link ke website Anda. Carilah kelompok atau orang-orang yang selalu membicarakan tentang produk atau jasa yang berhubungan dengan usaha anda cobalah selalu berpartisipasi dalam perbincangan tersebut, tapi ingat jangan spam mereka dengan promo-promo produk dan jasa anda secara terus-terusan, karena mereka akan merasa terganggu dan akhirnya akan lari menjauhi anda.
- Sisihkan sebagian dari modal untuk membuat kartu bisnis,kop surat, amplop dan faktur yang memiliki logo, alamat, telepon, email dan website usaha anda. Ini secara tidak langsung memberitahu calon pelanggan bahwa anda adalah seorang profesional yang menjalankan bisnis ini secara serius.Cantumkan alamat website Anda di kartu bisnis, kop surat, faktur dan handout yang Anda buat.
- Sebarkan kartu bisnis ke siapa saja yang dapat membantuuntuk mencarikan klien atau pelanggan baru. Kontak dan beritahu teman juga kerabat bahwa Anda telah memulai bisnis.Sempatkan untuk mengunjungi mereka dan tinggalkan beberapa kartu bisnis anda untuk disebarkan kepada rekan dan kerabat anda yang lain. Jangan lupa kalau ada pelanggan berikan juga kartu nama anda.
- Lakukan obrolan santai dengan pemilik warung, toko, salon atau mini market dimana anda biasa membeli produk atau jasa mereka. Tanyakan apabila mereka memiliki rekanan yang memerlukan barang atau jasa anda. Jangan lupa selalu memberikan kartu bisnis agar mereka bisa berikan lagi kepada rekanannya. Jika mereka memiliki papan buletin seperti disupermarket, minimarket, Salon dll, mintalah izin agar andadiperbolehkan untuk memasang kartu bisnis atau pamphlet usaha anda di papan bulletin tersebut.
- Aktiflah dipertemuan-pertemuan kelompok profesionalseperti di organisasi pengusaha, kamar dagang dan industry dll. Kartu bisnis anda harus selalu siap di dalam saku, tinggal nyabut ketika diperlukan. Jangan lupa dalam pertemuan tersebut untuk selalu memperhatikan, mendengarkan danmenanyakan apabila ada yang tidak dimengerti. Lakukanlah dengan sungguh-sungguh, sehingga para professional akan tersanjung dengan minat Anda dan nama andapun akan selalu diingat oleh mereka.
- Kalau anda tergabung dengan organisasi pengusaha diatas, biasanya harus ada iuran keanggotaan, kalau iuran itu tidak seberapa dibanding dengan keuntungan yang didapat dari kelompok professi, tidaklah apa-apa. Jika kelompok profesi tersebut memiliki situs resmi di internet dan menerbitkan daftar anggota. Pastikan nama, alamat dan nomor kontak anda terdaftar dan benar di situs tersebut.
- Selalu aktif dalam 2 atau 3 kelompok profesi saja. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi anda untuk berjumpa dengan para pengusaha senior dan calon pelanggan anda kedepannya. Para oportunis hanya berpikiran buat apa berjumpa dengan mereka kalau hanya mendapatkan bisnis kecil. Tapi proaktifitas anda untuk memberikan kontribusi nyata dengan menawarkan ide-ide berguna yang bisa saling membantu bisnis dan proyek yang lainnya. Sehingga bisa saling menguntungkan satu sama lain.
- Lakukan publikasi dengan mengirimkan press release ke Koran lokal dan radio, kalau TV mungkin terlalu mahal.
- Aktiflah menulis tentang keahlian dalam bidang Anda.Kirimkan ke surat kabar, majalah, dan situs yang bersedia menerima artikel anda.
- Kontak organisasi nirlaba, sekolah dan perguruan tinggi, dan bahkan bisnis lain yang memiliki pelanggan dan membutuhkan layanan Anda.
- Buatlah jaringan dengan orang lain yang melakukan jenis pekerjaan yang sama dengan Anda. Biarkan mereka tahu kalau anda bersedia untuk menangani pekerjaan yang tidak bisa mereka garap karena overload. (Tapi jangan mencoba untuk mencuri pelanggan mereka. Ucapan tidak enak akan keluar, dan akan merusak reputasi bisnis Anda.)
- Tawarkan anda untuk menjadi pembicara dalam konferensi industri, organisasi relawan, perpustakaan, dan kelompok-kelompok bisnis lokal dan biasanya mereka perlu pembicara untuk pertemuan-pertemuannya. Anda akan mendapatkan keuntungan dari pengakuan nama, kontak dan publisitas.
- Jika anda memiliki produk atau jasa unggulan yang tepat, berikan peragaan kepada kelompok atau individu, siapa tahu mereka akan tertarik. Atau, mengajarkan orang lain bagaimana menggunakan alat yang digunakan dalam pekerjaan Anda.
- Unduh produk dan jasa anda di YouTube dan situs videoyang lainnya.
- Temukan program pemerintah yang bisa membantu anda dalam memulai bisnis. Apabila ada coba hubungi bagian usaha kecil dan menengah di DEPERINDAG, dapatkan pengarahan dari mereka dan bantuan apa yang akan pemerintah berikan kepada usaha kecil dan menengah.
- Jika dalam bisnis anda menggunakan mobil atau truk. Buatlah sticker tentang usaha, produk atau jasa anda lengkap dengan alamat dan nomor telepon lalu tempelkan pada kendaraan anda. Dengan cara itu berarti Anda menjadikan alattransportasi menjadi iklan berjalan bagi bisnis anda.
- Selain menjual produk dan jasa oleh diri sendiri, gunakanorang lain sebagai penjual produk atau service anda, cari afiliasi, reseller atau orang yang akan menjual produk dan service Anda dengan imbalan komisi penjualan. Pastikan struktur harga Anda bisa memungkinkan untuk biaya atau komisi dari setiap penjualan yang dilakukan oleh orang lain.